Macam-Macam Jenis Kuda Terbesar Tercepat Terlengkap Di Dunia

Macam-Macam Jenis Kuda Terbesar Tercepat Terlengkap Di Dunia

Kuda dikenal sebagai hewan pelari sehingga sering digunakan sebagai alat transportasi cepat pada masa lalu. Bahkan di masa sekarang pun masih ada masyarakat di belahan dunia lain yang menjadikan kuda sebagai alat transportasi utama. Karena sifatnya yang tangguh, tidak heran juga kenapa dalam otomotif sering menggunakan kata-kata “tenaga kuda”.
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.


JENIS KUDA LANGKA DAN ANEH ! KLIK DISINI !!!

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.


Dalam bahasa Jawa disebut jaran, bahasa Makassar disebut jarang.

1. Kuda Batak

Gambar terkait

Kuda ini diketahui tersebar di Tapanuli Utara, terutama di sekitar danau Toba. Bentuknya menyerupai kuda Mongol. Tubuhnya kecil, tingginya kurang dari 1,20 m. Perimbangan tubuhnya baik. Hidung dari kuda ini besar, dan relatif panjang. Kepala sukar ditundukkan secara sempurna karena tengkuknya yang pendek, ekor duduknya tinggi, warna bermacam-macam, tipe kuda beban.

JENIS KUDA LANGKA DAN ANEH ! KLIK DISINI !!!
2. Kuda American Saddle Horse

Hasil gambar untuk kuda american saddle horse


American Saddle Horse dikembangkan didaerah-daerah perkebunan di negara bagian Amerika Serikat. Hampir semua Amerika Saddle Horse adalah keturunan dari kuda Denmark yang sangat terkenal karena lomba sejauh 4 mil, yang dilahirkan pada tahun 1839. Karakteristik yang menonjol dari bangsa kuda ini adalah enak dinaiki untuk jarak jauh dan dapat dipekerjakan sambil membawa beban (Blakely dan Bade, 1992).

3. Kuda Arab

JENIS KUDA LANGKA DAN ANEH ! KLIK DISINI !!!

Gambar terkait


Kuda Arab mungkin berasal dari Mesir, tetapi telah dikembangkan di Arab sampai mencapai bentuk yang ada sekarang. Kemudian dikembang-biakan di Amerika Serikat sejak jaman penjajahan. Karakteristik yang menonjol dari kuda Arab adalah kecepatan daya tahan tubuhnya (stamina) dan kecantikannya. Kuda ini juga terkenal karena mempunyai sifat yang jinak, tampaknya lebih suka bersahabat (berdekatan) dengan manusia.

4. Kuda Hockney

Hasil gambar untuk kuda hackney


Merupakan keturunan dari kuda jantan Thoroughbred yang disilagnkan denagn kuda betina asli Inggis di daerah Norfolk. Bangsa ini semula merupakan kuda tunggang, tetapi juga dipakai sebagai kuda pekerja (Blakely dan Bade, 1992).


5. Kuda Thoroughbred


petasu.com

Kuda Thoroughbred dikembangkan oleh keluarga raja Inggris sebelum diimpor ke Amerika. Karena penggunaan di Inggris, muncullah istilah “ olahraga raja” karena bangsawan Inggris baik laki-laki maupun wanitanya mengembangbiakan dan melombakan kuda ini yang penampilannya bagus sekali. Selain kecerdasannya, karakteristik yang menonjol adalah kecepatan lari dan daya tahannya.

Kuda thoroughbred dikenal juga sebagai kuda balap karena memang digunakan dalam balapan kuda.  Secara internasional kuda yang berasal dari Inggris ini dikenal dengan nama thoroughbred horse. Kita sendiri belum menemukan nama yang umum digunakan di Indonesia apa. Makanya kita memilih menerjemahkan menjadi kuda thoroughbred aja, hehe.


Kuda ini merupakan persilangan antara tiga jenis kuda yaitu kuda betina Inggris, kuda jantan dari Turki serta kuda jantan dari Arab. Hasilnya terciptalah satu jenis kuda yang sangat tangguh dan berlari cepat. Saat kamu menonton balapan kuda skala internasional, kemungkinan besar kuda yang ditunggani berjenis thoroughbred.



JENIS KUDA LANGKA DAN ANEH ! KLIK DISINI !!!


6. Kuda Friesian

friesian horse
Kuda Friesian berasal dari  Belanda. Ciri-ciri kuda friesian antara lain:
1. Memiliki postur tubuh yang besar
2. Berwana hitam
3. Memiliki bulu yanng lebat dan panjang di bagian kepala dan ekor.
Kuda ini dikenal tangguh dan energik namun sekaligus jinak dan lembut.

7. Kuda Shire




wallpaperest.com
wallpaperest.com

Seperti terlihat di gambar, kuda shire atau shire horse memiliki bulu yang sangat lebat. Bulu lebat dan panjang tersebut tidak hanya terdapat pada kepala dan ekor, tapi juga bagian kaki. Shire horse adalah kuda cantik yang berasal dari Inggris.
Selain terlihat anggun, kuda shire juga memiliki postur yang besar dan tinggi. Beratnya bisa sampai 1 ton lho! Tingginya ada yang mencapai 173 cm. Masyarakat Inggris hingga saat ini sering memanfaatkan kuda shire dalam proses angkut mengangkut benda-benda berat seperti batang kayu besar.


JENIS KUDA LANGKA DAN ANEH ! KLIK DISINI !!!

8. Mustang




madabout-horses.com
madabout-horses.com

Mustang adalah salah satu jenis kuda tangguh dari Amerika. Karena kebanyakan kuda ini hidup bebas di alam, maka dikenal juga dengan mustang si kuda liar. Wikipedia sendiri menerjemahkan kuda mustang dengan free roaming horse karena memang hidupnya bebas berkeliaran di alam. Namun sekarang ini banyak sekali orang-orang (super kaya) yang menjadikan mustang sebagai peliharaan. Untuk harga, jangan kaget ya. Per ekornya berkisar antara 1-5 milyar!

9. Kuda Fjord




deviantart.com
deviantart.com

Iya, tenang aja, kita sendiri juga susah kok ngucapin nama kuda ini, hehe. Kuda fjord adalah kuda cantik yang berasal dari Norwegia. Tubuhnya memang berukuran sedang namun tenaganya cukup kuat. Kuda ini berwarna dun atau cokelat keabu-abuan. Yang menarik dari fjord adalah bulu khas di leher bagian atasnya.
___________________________________________________________________

Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hewan Peliharaan Yang Unik Aneh Buas Berbulu Cerdas Eksotis Lucu Serangga Reptil Becangkang Air

Karakter One Piece Terkuat Terkeren Terfavorite Lengkap Dengan Bounty Tertinggi